Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Kurva IS dan LM Dalam Pembelajaran Ilmu Ekonomi

 

Perbedaan Kurva IS dan LM - Bagi kalian yang sedang mencari tahu Perbedaan Kurva IS dan LM kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

Kurva Is dan Kurva LM

Dalam mata pelajaran Ekonomi, kita tentu sudah tidak asing dengan Kurva IS dan Kurva LM. Kedua kurva tersebut memang sudah cukup familiar. Maka dari itu, dibawah ini akan dijelaskan untuk perbedaa Kurva IS dan Kurva LM.

Dalam dunia ekonomi, pasar barang bisa dikatakan dalam keadaan seimbang apabila penawaran barang seimbang dengan penerimaan pada pasar barang tersebut. Keseimbangan pasar barang ditunjukkan dengan suatu kurva yang disebut Kurva IS ( Kurva I-S)

Pengertian dari Kurva IS adalah kurva yang menjelaskan hubungan diantara berbagai tingkat bunga  ( r )  dengan pendapatan nasional keseimbangan ( Y ) dimana pasar barang berada pada titik keseimbangan.

Perekenomian dikatakan sedang dalam kondisi berada pada keseimbangan pasar barang dan jasa apabila pendapatan sama dengan komsumsi ditambah investasi atau investasi I sama dengan tabungan S, atau S = I

Y = C + I

Kebijakan Fiskal Dalam Kurva IS dan LM

Perubahan yang terjadi pada Kebijakan Fiskal akan berpengaruh terhadap Kurva IS. Kebijakan Fiskal adalah langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah untuk membuat perubahan-perubahan dalam sistem pajak atau dalam sistem pembelanjaannya yang memiliki maksud untuk mengatasi tiap masalah ekonomi yang dihadapi.

Teori Kebijakan Fiskal muncul pada tahun 1930-an yang disebabkan oleh karena ketidakmampuan kebijakan moneter dalam menanggulangi depresi. Kebijakan Fiskal memiliki beberapa macam, diantara lain:

1. Pembiayaan Fungsional

2. Pengelolaan Anggaran

3. Stabilisasi anggaran otomatis

4. Anggaran belanja seimbang

Tujuan adanya kebijakan fiskal adalah kestabilan ekonomi yang lebih mantap. Hal ini memiliki arti tetap mempertahankan laju pertumbuhan ekonomi yang layak tanpa adanya pengangguran yang berarti disatu pihak atau adanya ketidakstabilan harga-harga umum di pihak lain.

Selain itu, kebijakan fiskal juga bertujuan agar pendapatan nasional riil yang terus menerus meningkat pada laju yang dimungkinkan oleh perubahan teknologi dan tersedianya faktor-faktor industri dengan tetap mempertahankan kestabilan harga-harga umum.

Hal-hal yang menyebabkan kebijakan fiskal berpengaruh terhadap pergeseran Kurva IS diantara lain:

1. Peningkatan Government Spending

2. Penurunan Government Spending

Selain itu, adanya pengeluaran pemerintah yang ekspansif dapat menyebabkan Kurva IS bergeser ke kanan, selain itu apabila terjadi anggaran defisit dapat menyebabkan Kurva IS bergeser ke kiri.

Dijelaskan lebih lanjut, dalam ilmu ekonomi ada yang disebut keseimbangan pasar. Keseimbangan pasar ( money market equilibrium ) adalah keseimbangan antara uang yang diminta oleh masyarakat untuk berbagai motif sama dengan jumlah uang beredar atau penawaran uang pada masyarakat tersebut. Dalam hal ini, keseimbangan pasar uang ditunjukkan oleh suatu kurva disebut Kurva LM ( Kurva L-M).

Pengertian dari Kurva LM sendiri adalah sebuah garis atau kurva yang menunjukkan berbagai hubungan antara tingkat suku bunga dengan pendapatan nasional dalam kondisi keseimbangan di pasar uang. 

Perbedaan Kurva IS dan LM

Dalam Kurva LM, ketika keseimbangan riil uang mengalami peningkatan maka kurva akan bergeser ke kanan, begitu pula ketika keseimbangan riil mengalami penurunan maka kurva bergeser ke kiri.Perbedaan Kurva IS dan Kurva LM

1. Kurva IS menggambarkan keseimbangan antara pendapatan nasional ( Y ), tingkat bunga ( i ) pada pasar barang, sedangkan Kurva LM menggambarkan keseimbangan antara pendapatan nasional, dan tingkat bunga ( i ) pada pasar uang.

2. Pergeseran Kurva IS disebabkan oleh adanya perubahan komsumsi, investasi riil, dan pengeluaran pemerintah, sedangkan untuk pergeseran Kurva LM sendiri disebabkan oleh karena ada keseimbangan riil uang

Keterkaitan dari Perbedaan Kurva IS dan LM

Meskipun secara pemaknaan kedua berbeda, antara Kurva IS dan Kurva LM menggambarkan interaksi antara pasar barang ( IS ) pasar uang (LM ).

Singkatnya, Kurva IS dan Kurva LM adaalah mempresentasikan model IS - LM yang menunjukkan keseimbangan antara tingkat suku bunga ( i ) dan pendapatan nasional ( output ) yang terjadi dalam jangka pendek atau short run equilibrium.

Nah, demikian inti dari perbedaan Kurva IS dan Kurva LM. Setiap ilmu pengetahuan pasti akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Apabila ada kesalahan dan ketidaksempurnaan dari tulisan ini penulis mohon maaf. 

Dan dalam ilmu ekonomi tradisional, uang yang masuk dalam ilmu ekonomi memiliki definisi sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum. Beberapa fungsi uang diantara lain:

1. Uang berfungsi sebagai alat tukar tambah

2. Uang berfungsi sebagai satuan hitung

3. Uang berfungsi sebagai penyimpan nilai

4. Uang berfungsi sebagai alat pembayaran yang tertunda.

Penutup

Sekian artikel mengenai Perbedaan Kurva IS dan Kurva LM yang dapat saya rangkum dan share untuk anda sekalian semua.

Semoga kalian semua semakin paham mengenai Perbedaan Kurva IS dan Kurva LM yaa.. dan jika ada suatu hal yang kurang tepat seiring dengan berjalannya waktu yang makin modern ini, itu semua diluar pengetahuan penulis.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih.

Posting Komentar untuk " Perbedaan Kurva IS dan LM Dalam Pembelajaran Ilmu Ekonomi"