Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Tambahan untuk Virtual Background Zoom di HP Android



Aplikasi Tambahan untuk Virtual Background Zoom di HP - Bagi kalian yang sedang mencari tahu Aplikasi Tambahan untuk Virtual Background Zoom di HP kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

Fitur Virtual Background Zoom

Semenjak adanya wabah Covid-19, hampir semua kegiatan dilumpuhkan oleh virus ini. Mulai dari kegiatan perkuliahan, sekolah, hingga kegiatan ekonomi lumpuh sejak adanya wabah dari Wuhan, China ini. Covid-19 memang menjadi pandemi global, hal ini melumpuhkan berbagai mobilisasi kegiatan manusia.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir penyebaran virus ini semua kegiatan dari pembelajaran hingga pekerjaan dialihkan menjadi virtual. Tentu saja sekarang kita sudah tidak asing dengan “Zoom” dan “Google Meet”. 

Oke, agar kalian lebih paham mari kita bahas aplikasi itu satu persatu. 

Aplikasi Zoom adalah aplikasi komunikasi dengan menggunakan video, hampir mirip seperti video call tetapi aplikasi zoom memiliki fitur yang lebih lengkap dan menambahkan orang lebih banyak. Aplikasi ini dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler atau handphone, PC atau laptop, hingga telepon dan sistem ruang.

Pada umumnya, aplikasi ini kerap digunakan untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio. Aplikasi Zoom ini memiliki kantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat yang didirikan sejak 2011. Aplikasi memang kerap digunakan oleh berbagai organisasi dan perusahaan untuk mengakomodir para karyawan dari jarak jauh.

Selain itu ada pula aplikasi Google Meet. Google Meet adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan konferensi percakapan baik secara video dan audio online. Google Meet adalah sebuah aplikasi yang dibuat langsung oleh Google dan dirilis pada tahun 2017. Penggunaan aplikasi ini terbilanh cukyp mudah, hanya memerlukan akun Gmail saja untuk dapat masuk dan menggunakan aplikasi ini.

Terkadang, dalam menggunakan aplikasi diatas kita mengalami beberapa kendala. Entah untuk wajah di zoom atau google menjadi lebih gelap atau harus menambahkan background. Karena, biasanya dibeberapa kampus ada dosen yang request mahasiswanya pada saat melakukan zoom.

Platform video telekonferensi Zoom Meetings memiliki fitur untuk mengganti gambar latar belakang (background) saat video call. Dengan fitur ini, pengguna dapat tampil lebih rapi saat konferensi video. Fitur bernama Virtual Background ini juga bisa digunakan di smartphone atau HP, baik Android maupun iOS.

Cara Cek fitur Virtual Background Zoom di HP

Sebelum memakai background di Zoom, pastikan ponsel Anda sudah kebagian fitur Virtual Background. Berikut Cara Cek ketersediaan fitur Virtual Background Zoom  :

  • Silahkan kalian mengunjungi situs web Zoom Meetings di tautan berikut https://zoom.us/signin.
  • Kemudian log in dengan akun Zoom Anda. Lihat Foto Cara mengganti background video call Zoom di Android(How To Geek) Di halaman utama, buka menu pengaturan (Settings), lalu klik opsi "In Meeting (Advanced)". Ketika di-klik, nantinya akan muncul toggle "Virtual Background".

Cara memasang Virtual Background Zoom di HP 

Berikut cara menggunakan virtual background zoom di HP yang support :

  • Buka aplikasi Zoom melalui ponsel Anda (Android dan iOS) Klik tombol "More" (ikon tiga titik), lalu pilih menu "Virtual Background" (Android) atau Background and Filters (iOS). 
  • Pilih latar belakang (background) yang disediakan oleh Zoom. Jika ingin memakai gambar sendiri, unggah dari galeri ponsel dengan cara meng-klik ikon +. Background juga bisa diburamkan dengan memilih opsi "Blur". 
  • Klik tombol "Close" yang terletak di pojok kanan bawah untuk menutup halaman "Virtual Background". 
  • Secara otomatis, background Anda akan berubah sesuai gambar latar belakang yang Anda pilih tadi.

Aplikasi Virtual Background Zoom di HP

Beberapa device memang belum bisa menggunakan fitur virtual background zoom  secara umum. Namun ada beberapa aplikasi tambahan yang dapat mensupport device kalian agar bisa menggunakan virtual background di zoom lewat HP. 

Penyebab Virtual Background Zoom Tidak Ada di HP adalah Versi aplikasi Zoom di HP harus versi 5.3.0 atau lebih tinggi. Spesifikasi ponsel harus kompatibel. Untuk spesifikasi ponsel versi Android minimal 8.0, RAM 3 GB, dan Graphic Processing Unit (GPU) minimal Snapdragon 835 atau Snapdragon SDM 835.

Nah, tanpa basa-basi lagi disini Minku akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi tambahan untuk virtual background zoom di Hp agar tampilan zoom kalian menjadi lebih hidup dan menarik. Kalian bisa menambahkan background dengan aplikasi Zoom yang ada di smartphone kalian. Aplikasi Tambahan untuk Virtual Background Zoom di HP yang akan Minku rekomendasikan adalah aplikasi Snap Camera. 

Aplikasi Snap Camera adalah bagian dan milik aplikasi Snapchat yang telah terkenal sebagai aplikasi filter dan efek wajah. Kombinasi Snap Camera dan Zoom bisa sangat menarik untuk dicoba untuk memghasilkan virtual background yang menarik.  Dibawah ini adalah tutorial dan cara menambahkan virtual background zoom di HP:
  1. Yang pertama adalah download aplikasi Snap Camera di playstore atau app store.
  2. Jika aplikasi sudah selesai terdownload jangan lupa untuk diinstall
  3. Setelah itu buka aplikasi Snap Camera, kalian bisa mengklik lensa dan background yang ada dibawah kamera. Kalian akan mendapatkan background sesuai dengan keinginan kalian.
  4. Jangan tutup aplikasi Snap Kamera karena agar bisa digunakan Zoom dan Snap Kamera harus dibuka secara bersamaan. 
  5. Setelah itu masuk ke aplikasi Zoom, kemudian klik setting – Video – Kamera – lalu pilih Snap Camera. Namun, apabila terjadi masalah pada background dari Snap Camera pada aplikasi Zoom kalian klik Setting – Virtual Background – lalu None. 
  6. Selain itu, pada saat menggunakan kalian juga bisa mengganti background dari Snap Camera secara cepat. Caranya adalah klik “ Tray “ yang ada di Task Bar dibagian pojok bawah kanan kemudian klik kanan ikon Snap Kamera. Dibawah Quick Lens  Activation akan tersedia tiga background terakhir yang digunakan dan kalian bisa memilih salah satunya.
Akhir Kata

Nah diatas adalah cara dan rekomendasi aplikasi tambahan untuk virtual background zoom di HP. Semoga apa yang sudah Minku tulis akan bermanfaat untuk kalian semua dan dapat membantu kalian. Minku mohon maaf apabila ada yang kurang jelas. 

IPTEK dan aplikasi akan terus mengalami perkembangan, jika ada yang tidak tertulis itu semua diluar sepengaetahuan Minku. Akhir kata, thank you for reading and see you on next artikel. Sayonaraaa~

Posting Komentar untuk " Aplikasi Tambahan untuk Virtual Background Zoom di HP Android"