Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan LMS dan LCMS Lengkap dalam Media Pembelajaran

 


Perbedaan LMS dan LCMS adalah - Bagi kalian yang sedang mencari tahu Perbedaan LMS dan LCMS adalah kalian dapat menyimak artikel di bawah ini agar pemahaman kalian bertambah dan dapat mempraktekannya dengan benar yaa..

Perbedaan LMS dan LCMS

Diera gempuran Covid-19 yang melumpuhkan berbagai pembelajaran melalui E-learning merupakan salah satu usaha untuk membuat tranformasi pembelajaran yang ada disekolah yang dialihkan dengan pembelajaran dalam bentuk digital yang dijembatanni oleh teknologi internet.

Definisi dari e-elearning adalah sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan ke dalam bidang pendidikan proses belajar mengajar dalam dunia maya. Dengan membuat sistem e-elearning yang menyenangkan, maka akan membuat siswa semangat dan senang dalam memngikuti pembelajaran.

1. Pengertian LMS

LMS ( Learning System Management ) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian pembelajaran. 

Sistem ini membantu para guru atau tenaga pengajar untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas belajar para siswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi siswa, menampilkan transkip nilai, dan mengelola tampilan e-learning.

Dengan melalui LMS, Para Guru mendapat kemudahan untuk membuat konten pembelajaran online, mulai dari perencanaan, pelaporan, hingga dokumentasi. Dengan adanya LMS, sangat membantu para guru diera Pandemi Covid-19. Selain itu, didalam LMS banyak konten yang mampu dimanfaatkan para guru.

Konten-konten berbentuk digital seperti e-book, animasi, suara, dan video menarik sesuai materi pembelajaran.

Dengan adanya LMS ini maka mwmbantu guru menciptakan suasana  pembelajaran yang lebih menyenangkan. Beberapa contoh LMS yang kerap digunakan para guru yang sudah berlisensi adalah Moodle, Dekeos, Atutor.

2. Pengertian LCMS

LCMS ( Learning ConteNT System Management ) merupakan sistem yang digunakan untuk mengeola materi pembelajaran secara personal dalam e-elearning.

LCMS adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola materi secara personal dalam e-learning. Dengan adanya sistem ini bermanfaat kepada siswa karena materi pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.

Selain itu, LCMS digunakan oleh pengajar untuk membuat materi pembelajaran secara efisienn dan bisa digunakan untuk melihat perkembangan dan kemampuan para siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Perbedaan LMS dan LCMS dalam Media Pembelajaran

Meski sama-sama menjadi media pembelajaran dalam jaringan, LMS dan LCMS memiliki beberapa perbedaan. Berikut adalah perbedaan dari LMS dan LCMS:
  • Contoh software dari adalah moodle, ILIAS, Dokeos, dan Atutor. Sedangkan software dari LCMS adalah Claroline dan Doceo Solution
  • LMS adalah media pembelajaran interaksi antara siswa dan guru, sedangkan LCMS adalah media yang digunakan untuk penulis konten maupun perusahaan penerbit konten
  • Konten pembelajaran dalam LCMS lebih menarik seperti audio bahkan video interaktif
  • Materi pembelajaran di LCMS lebih beragam dibanding di LSM

Perbedaan Manfaat LMS dan LCMS

Manfaat dari penerapan LMS

Penerapan LMS disekolah memiliki beberapa manfaat, diantara lain:
  • LMS melatih siswa untuk lebih mandiri dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak hanya mendapat materi pembelajaran guru tetapi juga mendapatkan materi dari sumber lain yang berdampak menambah wawasan dan pengetahuan pada siswa.
  • LMS membantu dan memudahkan pengolahan data , karena semua program akademik terdokumentasi secara digital, sehingga pencarian, pengumpulan, distribusi, hinggga pelaporan yang lebih cepat dan mudah.
  • Tidak perlu terjadinya kebocoran informasi, karena LMS aman yang sudah dilengkapi keamanan antimalware. Selain itu, LMS juga efisien karena dapat didistribusikan secara tepat waktu sesuai rencana pembelajaran yang telah disusun.
  • Siswa lebih termotivasi untuk berinovasi dalam pembelajaran online
  • LMS dapat membantu siswa untuk mendapat e-sertifikat dalam webinar online

Manfaat dari Penerapan LCMS

Penerapan dari LCMS memiliki beberapa manfaat, diantara lain:
  • Siswa dapat menulis atau membuat objek pembelajaran sesuai dengan pemahamannya.
  • Dapat menerbitkan hasil pemikirannya dalam sebuah dokumen, baik gambar JPEG, PDF, MS WORD, MS POWER POINT, HTMLS, dan lainnya.
  • Guru dapat menganalisa tingkat keberhasilan siswa dalam penerimaan materi.
  • LCMS memiliki fungsi untuk mengawasi kegiatan pembelajaran ketika sedang berlangsung

Penutup

Sekian artikel mengenai dari Perbedaan LMS dan LCMS yang dapat saya rangkum dan share untuk anda sekalian semua.

Semoga kalian semua semakin paham mengenai Fungsi dari Perbedaan LMS dan LCMS yaa.. dan jika ada suatu hal yang kurang tepat seiring dengan berjalannya waktu yang makin modern ini, itu semua diluar pengetahuan penulis.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih.

Posting Komentar untuk "Perbedaan LMS dan LCMS Lengkap dalam Media Pembelajaran"